Inilah Cara Mengusir Makhluk Halus (Jin, Setan dan Sejenisnya) dari Rumah

Cara Mengusir Makhluk Halus (Jin, Setan dan Sejenisnya) dari Rumah - Seandainya Ustadz diminta mengusir makhluk gaib yang mengganggu suatu rumah, apa yang dapat dilakukan? Selain memperbaiki keislaman di rumah tersebut, misal hal aneh yang dilakukan orang: menabur garam, memasang penangkal baik dari dukun ataupun menempelkan ayat di dinding, membakar kemenyan, memanggil dukun, dsb.

Cara Mengusir Makhluk Halus (Jin, Setan dan Sejenisnya) dari rumah - Cara Mengusir Jin dari Rumah



2. Kalau Menyetel Mp3 Alquran dengan sengaja bagaimana?

3. Apakah bisa setan membawa manusia ke alamnya? Karena pernah ada anak-anak bermain -yang satu orang mencari teman lain yang bersembunyi- pada malam dan salah satunya hilang, dan kata "orang pintar" dia dibawa setan ke alamnya, kemudian dengan bantuannya bisa diambil lagi orang tadi, cerita ini dari ibu saya yang mengetahui kejadian ini.

4. Jadi hal apa yang dibenarkan Islam untuk menyelamatkan orang itu? Sedangkan kalau orang yang agamanya benar tidak akan mengetahui tentang ilmu seperti itu. Sama saja kalau mau minta diurut karena salah urat, biasanya kebanyakan tukang urut memiliki ilmu -yang saya tahu mungkin berbau syirik-. Jadi apa yang seharusnya dilakukan.

5. Apakah pasti perbuatan syirik, jika orang Islam, mempunyai kemampuan yang aneh walaupun tujuannya baik dan tidak untuk berbuat kejahatan, seperti kebal atau bisa melihat, melawan, sampai memasukkan jin ke dalam botol -seperti acara "ustadz-ustadz" pemburu jin di TV-, atau menyembuhkan orang sakit dengan memindahkan penyakit ke ayam, kambing, atau hal-hal yang lainnya. Tetapi amalan mereka seperti orang Islam biasa, shalat, puasa, dsb.

Jawaban:

Untuk kasus semacam ini, ada dua tindakan yang bisa Anda lakukan;

Pertama, pengobatan

Maksud kami adalah mengusir jin itu dengan segera.

Cara yang paling efektif dalam hal ini adalah membacakan surat Al-Baqarah, satu surat penuh. Ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

"Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya." (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Sahabat Ibnu Mas'ud mengatakan:

إِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ، خَرَجَ مِنْهُ

"Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu." (HR. Ad-Darimi 3422, At-thabrani dalam Mu'jam Al-Kabir 8642).

Hanya 3 hari?

Terdapat keterangan bahwa setan meninggalkan rumah itu selama 3 hari. Ini berdasarkan hadis dari Sahl bin Sa'd radhiallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ فِي بَيْتِهِ لَيْلًا لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ ثَلَاثَ لَيَالٍ

"Siapa yang membaca surat Al-Baqarah di malam hari maka setan tidak akan memasuki rumahnya selama tiga hari.." (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya 780).

Hanya saja, keterangan tambahan tiga hari dalam riwayat tersebut dinilai lemah oleh al-Albani, sebagaimana keterangan beliau di Silsilah Ad-Dhaifah no. 1349.

Hanya Setan yang Mengganggu
Setan yang lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah adalah setan yang mengganggu secara zahir. Sebagaimana keterangan yang dinukil Ibnu Hibban, dari Imam Abu Hatim:

قَالَ أَبُو حَاتِمٍ: قَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَمْ يَدْخُلِ الشَّيْطَانُ بَيْتَهُ»، أَرَادَ بِهِ مَرَدَةَ الشَّيَاطِينِ دُونَ غَيْرِهِمْ

Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam "setan tidak akan memasuki rumahnya" maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu) bukan yang lainnya. (Shahih Ibnu Hibban, 3:59)

Siapa yang Membaca?

Siapa saja, tidak harus tuan rumah. Lebih-lebih, jika tuan rumah sendiri tidak bisa membaca Alquran. Karena lafal dalam hadis: "yang dibacakan surat Al-Baqarah" dengan bentuk kalimat pasif. Artinya siapapun yang membaca, selama dilakukan di dalam rumah, telah memenuhi syarat untuk mengusir setan.

Hanya saja tidak boleh menggunakan rekaman Mp3 atau sejenisnya. Karena membaca butuh niat, dan audio player atau komputer tidak bisa berniat.

Kedua, tindakan pencegahan

Tindakan ini merupakan upaya berkelanjutan selama menempati rumah tersebut. Karena berkelanjutan, upaya ini hanya bisa dilakukan oleh tuan rumah atau orang yang menempatinya. Dia tidak lagi bisa bergantung atau meminta bantuan orang lain. Karena itu, upaya ini lebih menekankan pada mental keagamaan penghuni rumah.

Ada beberapa rutinitas yang selayaknya dilakukan, agar rumah kita selalu dijauhi setan yang suka mengganggu:

1. Rajin baca Alquran dan ibadah apapun di dalam rumah.

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

"Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya." (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Dalam hadis ini, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam men-kontras-kan antara rumah dengan kuburan. Beliau memerintahkan agar rumah kita tidak dijadikan seperti kuburan. Salah satu sifat yang mencolok dari kuburan adalah itu bukan tempat ibadah. Agar rumah kita tidak seperi kuburan yang bisa jadi banyak setan pengganggu, gunakan rumah kita untuk ibadah.

Hadis ini sekaligus menuntut Anda yang belum bisa membaca Alquran agar segera dan serius dalam belajar Alquran. Untuk menjadikan rumah Anda sebagai taman bacaan Alquran, tidak mungkin setiap hari Anda harus mengundang orang lain.

Dalam hadis dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

اجْعَلُوا فِي بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا

"Jadikanlah bagian shalat kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan." (HR. Bukhari 432, Muslim 777, dan yang lainnya).

Maksud shalat di sini adalah shalat sunah yang dikerjakan sendiri dan tidak berjamaah. Sebagaimana dinyatakan dalam hadis:

إِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الصَّلاَةَ المَكْتُوبَةَ

"Susungguhnya shalat seseorang yang paling utama adalah shalat yang dikerjakan di rumahnya, kecuali shalat wajib." (HR. Bukhari 7290 dan yang lainnya).

2. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan.

Sikap cuek, tidak peduli, ternyata menjadi cara ampuh untuk mengusir setan. Setan sebagaimana manusia, ketika dia mengganggu, kemudian tidak digubris, bisa jadi dia akan bosan untuk mengganggu Anda.

Berbeda ketika Anda merasa ada yang mengganggu, kemudian Anda cari-cari di mana tempatnya, atau bahkan Anda ajak bicara, atau Anda siram dengan garam dan semacamnya, dia akan semakin menjadi-jadi dalam menggoda Anda.

Dari Abul Malih dari seseorang, dia berkata, "Aku pernah diboncengi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu tunggangan yang kami naiki tergelincir. Aku pun mengatakan, "Celakalah setan". Namun Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang,

لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

"Janganlah kamu ucapkan 'celakalah setan", karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, 'Itu semua terjadi karena kekuatanku'. Akan tetapi,  ucapkanlah "Bismillah". Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat." (HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982 dan dishahihkan al-Albani)

Ketika Anda mendengar atau melihat ada sesuatu yang mengganggu, jangan diajak bicara, tapi mintalah perlindungan kepada Allah dan berdoa kepada-Nya.

3. Baca doa ketika masuk rumah

Hal kecil yang mungkin perlu dibiasakan adalah memulai segala yang penting dengan doa atau dzikir. Salah satunya, ketika kita masuk rumah. Meskipun kelihatanya remeh, namun hasilnya luar biasa.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ

"Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): 'Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.' Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: 'Kalian mendapatkan tempat menginap'." (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

Ada doa khusus ketika masuk rumah, akan tetapi doa ini dinilai dhaif oleh al-Albani. Karena itu, makna dzikir kepada Allah adalah membaca basmalah.

4. Baca doa ketika hendak makan

Membaca basmalah ketika hendak makan, menjadi penghalang setan untuk ikut makan bersama Anda. Hadis dari Jabir di atas menegaskan hal ini,

وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يُذْكَرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، فَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Tapi apabila dia tidak mengingat Allah ketika masuk maka setan mengatakan: 'Kalian mendapatkan tempat menginap'. Dan jika dia tidak mengingat Allah ketika makan maka setan akan mengatakan: 'Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam'." (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

5. Baca doa ketika tutup pintu

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan banyak saran agar kita tidak terganggu setan. Salah satunya:

وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

"Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah)." (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

Sekali lagi, hanya dengan membaca: Bismillah..

6. Berdoa ketika keluar rumah

Satu doa ketika keluar rumah. Ringkas, mudah dihafal, tapi khasiatnya besar:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI TAWAKKALTU 'ALALLAAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Dalam hadis dinyatakan, siapa yang keluar rumah kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: Kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi. Maka setan kemudian berteriak:

كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ

"Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang sudah diberi hidayah, dicukupi, dan dilindungi." (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426 dan dishahihkan al-Albani)

7. Jauhkan rumah Anda dari gambar makhluk bernyawa

Siapa sangka, ternyata gambar makhluk bernyawa bisa membuat jin dan setan nakal itu semakin betah di rumah kita.

Dari Aisyah radhiallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أَنَّ المَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ

"Sesungguhnya malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada gambar." (HR. Bukhari 3224, Nasai 5348 dan yang lainnya).

Ketika malaikat penebar rahmat tidak memasuki rumah Anda, di saat itulah makhluk lain, yang juga tidak kelihatan, akan menggantikan posisi mereka. Foto keluarga, gambar binatang dan seterusnya bisa jadi membuat rumah Anda makin indah bagi setan.

8. Jauhkan rumah Anda dari musik

Banyak orang tidak sadar, ternyata suara ini berbahaya. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutnya mizmarus syaithan (musik setan). Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mencontohkan salah satunya, lonceng. Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu,

فِي الْجَرَسِ مِزْمَارُ الشَّيْطَانِ

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata tentang lonceng: musik setan. (HR. Abu Daud 2556)

Di kesempatan yang sama, malaikat penebar rahmat menghindari rumah yang dipenuhi denngan musik. Dari Ummu Salamah radhiallahu 'anha, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَا تَصْحَبُ رُفْقَةً فِيهَا جَرَسٌ

"Sesungguhnya malaikat tidak akan menyertai rombongan yang di sana ada loncengnya." (HR. Thabrani dalam al-Mu'jam al-Kabir, 1001).

Kita telah memahami, terjadi sikap kontradiktif antara malaikat penebar rahmat dengan setan pembangkang. Ketika salah satunya menghindar, di saat itulah satunya menggantikan.

Jadikan rumah Anda seperti taman-taman malaikat penebar rahmat, bukan tempat peristirahatan yang nyaman bagi setan. Hiasi rumah Anda dengan berbagai ketaatan dan amal shaleh. Agar yang menemani Anda juga makhluk yang sholeh. Hiasi rumah Anda dengan bacaan Alquran, shalat, kajian mengupas halal-haram, dan lantunan suara langit lainnya.

Ingin Rumah Aman dari Gangguan Makhluk Halus, Ini Tipsnya

Buatlah rumah kita menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman serta tidak menjadi tempat tinggalnya Syeitan.

Nah, Tentunya kita tidak ingin rumah dimana tempat kita tinggal juga menjadi tempat tinggalnya Syeitan. Seperti yang dikutip dari situs Islam Pos. Imam Masjidil Haram, Syeikh Ahmad Sudais memberikan beberapa tips agar rumah yang menjadi tempat Kita bernaung sehat dan terhindar dari Syeitan.

Pertama, tiga hari sekali buka pintu dan jendela lalu setel surat Al-Baqarah dan surat-surat Ruqyah, insya Allah Anda akan merasakan perbedaan secara pribadi atau keluarga di rumah  dari godaan syetan. Berikut tips-tips beliau:

Kedua, nyalakan dupa dari jintan hitam (habah sauda') di dalam rumah dengan tetap membuka pintu dan jendela (untuk mengusir setan dan kuman-kuman) sebagaimana wasiat Nabi Muhammad saw.
Ketiga, Jangan menyalakan dupa dari jintan hitam (habah sauda') sedangkan kondisi pintu rumah dan jendela dalam keadaan tertutup.

Keempat, jangan menyimpan barang-barang di bawah ranjang / di atas lemari tapi simpanlah di dalam laci yang tertutup.
Kelima, jangan perbanyak cermin dalam rumah tapi jika ada, sebaik-baik tempat menyimpan cermin adalah di pintu masuk.
Keenam, tarik nafas panjang-panjang saat bangun tidur dan ucapkan Basmalah saat bangkit dari tidur.
Ketujuh, miliki jadwal tetap untuk tidur malam.
Kedelapan, senantiasa rutin membaca surat Al-Mulk sebelum tidur dapat menyelamatkan dari siksa kubur.

CARA MENGUSIR/MENGELUARKAN SETAN, JIN, HANTU DARI RUMAH KE LUAR

Pada dasarnya jin yang jahat alias setan memiliki rasa takut yang amat sangat kepada orang yang beriman kepada Allah SWT.  Orang yang beriman akan selalu dilindungi oleh Tuhan dan juga para malaikatNya.  Jin, setan, hantu, spirit, khadam, dan teman-teman adalah makhluk yang sama sekali tidak berdaya di hadapan Allah SWT.  Image menyeramkan dan kuat pada jin terhadap manusia mungkin hanya sebatas imajinasi manusia yang hanya berlaku untuk orang-orang yang tidak diberikan perlindungan oleh Tuhan.

Cara Mengusir Hantu, Setan, Jin Agar Keluar Dari Dalam Rumah Secara Mudah

Jika kita merasa khawatir dengan keberadaan makhluk halus jahat yang ada di dalam rumah kita maka kita bisa melakukan beberapa cara untuk mengusirnya keluar rumah.  Secara fisik kita tidak akan pernah bisa menangkap dan mengusir keluar jin jahat yang ada di dalam rumah karena hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya atas seizin Allah SWT.  Hanya cara-cara berikut ini yang mungkin bisa mengeluarkan jin-jin jahat yang berada di rumah kita, yaitu :

1. Berdo'a Meminta Perlindungan dari Allah SWT dari Setan yang Terkutuk
2. Rajin Membaca Al-Quran Surat Al-Baqoroh di Rumah
3. Sering Membaca Basmalah Ketika di Rumah Baik Ada Gangguan atau Tidak
4. Cuek dan Tidak Merasa Takut Saat Diganggu Setan Tetapi Hanya Kepada Allah SWT
5. Menutup Semua Pintu dengan Menyebut Nama Allah SWT

Dasar Dalil Cara Mengusir Setan, Jin, Hantu, Khodam, Spirit, dan Kawan-Kawan

Hadist Nabi Muhammad SAW HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877 :
"Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya."

Hadist Nabi Muhammad SAW HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982 dan dishahihkan al-Albani :
"Janganlah kamu ucapkan 'celakalah setan", karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, 'Itu semua terjadi karena kekuatanku'. Akan tetapi,  ucapkanlah "Bismillah". Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat."

Hadist Nabi Muhammad SAW HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya :
"Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah)."

Dari beberapa petunjuk cara mengganyang jin, setan, dan kawan-kawan di atas kita bisa merasa tenang dan tidak takut lagi pada tipu daya setan.  Mau dibilang kuat, seram, sadis, keji, culas, dan lain sebagainya kita tidak gentar lagi sedikit pun.  Tidak ada lagi toleransi lagi pada jin yang mengganggu kita.  Semua jin yang jahat (setan) dapat kita ganyang tanpa harus menggunakan jasa pihak lain seperti dukun, paranormal, conjurer, orang pintar, kiai, eyang, mbah, dan kawan-kawan.  Cukup diri kita sendiri memohon perlindungan dari Allah SWT semua gangguan setan dapat diatasi dengan baik.

5 Langkah Usir Makhluk Halus Di Rumah

Tak sedikit pula orang yang mengalami pengalaman aneh, dan meyakini bahwa ada kehidupan lain di balik kehidupan makhluk hidup.

Robbie Williams, seorang penyanyi asal Inggris pernah dikabarkan mengalami kejadian aneh di rumahnya.
Sebelumnya, ia memang tidak pernah percaya. Akan tetapi ketika tiba-tiba pintu ruang tamu rumahnya tertutup sendiri, ia menjadi percaya bahwa ada makhluk lain tak terlihat di luar kehidupan manusia.

Keberadaan makhluk halus sebenarnya sudah tertuang pada pemahaman agama. Ada yang mengatakan makhluk halus tersebut berupa jin yang bisa menyerupai banyak rupa.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa makhluk halus merupakan makhluk yang sudah tinggal lama sebelum dicipatakannya makhluk hidup. Selain dari landasan agama, makhluk halus juga berusaha dibuktikan secara filosofis.

Dari segi metafisika, makhluk halus dijelaskan sebagai 'makhluk astral', berhubungan dengan medan elektromagnetik dan energi.
Baik dari sisi agama maupun metafisika, tingkat aktivitas makhluk halus atau makhluk astral ini bisa dipengaruhi oleh kondisi sekitarnya.

Nah, bila Anda pernah mengalami kejadian aneh di rumah, tidak ada salahnya untuk lakukan 5 langkah usir makhluk halus di rumah ala Rumah.com:

Bersihkan rumah secara teratur

Konon, rumah yang kotor merupakan tempat sarang jin atau makhluk halus. Lagipula, apabila Anda meninggalkan rumah yang kotor dalam waktu yang lama.

Siapa sih yang mau dekat-dekat. Uniknya di Indonesia, bila rumah tersebut dibiarkan terlalu lama kotor, tidak sedikit orang yang yang mengaitkan kejadian-kejadian aneh termasuk hal-hal mistis. Sehingga tidak menutup kemungkinan bisa rumah Anda dianggap "berhantu".

Ayo, tunggu apalagi? Ambil sapu , kemoceng, dan lain-lain untuk membersihkan kamar mandi, lorong-lorong rumah, ceiling, dan gudang.

Jangan lembap

Setelah bersih, tugas Anda adalah membuatnya agar tidak lembap. Cara membuat ruangan agar tidak lembap adalah dengan membuat lubang udara, periksa saluran air, dan furnitur kayu.

Misalnya, jika selama ini banyak mitos yang berkata makhluk halus menyukai lemari sebagai tempat favoritnya, bisa jadi benar. Lemari sendiri merupakan furnitur kayu yang mudah lembap.

Atur pencahayaan agar tidak gelap

Salah satu cara agar tidak lembap, adalah dengan mengatur pencahayaan ruangan agar tidak gelap. Ruangan yang gelap nyaris tidak kena cahaya, bisa menyebabkan jamur-jamur pada dinding.

Sebaiknya Anda periksa seluruh bagian rumah Anda. Terutama lampu penerangannya. Usahakan agar pada malam hari ruangan seperti kamar mandi dan gudang menyala. Dan matikan pada saat siang tiba.

Lakukan ritual keagamaan

Keberadaan makhluk halus sepertinya sangat berkaitan dengan akal serta keyakinan manusia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan ritual keagamaan di rumah. Misalnya, bagi yang beragama Islam, rajin-rajinlah mengaji.

Atau bagi yang beragama kristiani bisa berdoa malam meminta perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dari sisi metafisika pun, melakukan ritual keagamaan bisa menimbulkan energi positif dan mengurangi energi negatif.

Jangan biarkan rumah kosong

Terakhir sebagai penutup adalah jangan biarkan rumah Anda kosong. Mengapa? Karena rumah yang kosong bisa membuat rumah tidak terawat dan kotor.
Untuk itu, tips bagi Anda yang senang berinvestasi properti, sebaiknya tidak ditinggalkan begitu saja.

Selain bisa merusak bangunan, ditakutkan bisa menjadi tempat favorit makhluk halus. Jadi, lebih baik disewakan saja. Bangunan jadi terawat dan bisa mendapatkan keuntungan.

CARA SEDERHANA INI BISA MENGUSIR HANTU DI RUMAH?

Well, semua itu tergantung pada pemahaman dan kepercayaan seseorang sih, dan keberadaan makhluk halus pun memang sudah tertuang pada pemahaman agama masing-masing.

"Makhluk astral" biasanya menjadi panggilan dari segi metafisika yang erat kaitannya dengan medan elektromagnetik dan energy.

Nah, namun sebelum berpikiran negative bahwa rumahmu terdapat si makhluk astral, sebaiknya kamu kroscek dulu rumahmu dengan melakukan beberapa antisipasi berikut ini:

Bersihkan rumah secara teratur

Kamu pasti ga mau rumahmu ada yang 'aneh-anehnya' kan? Karena konon rumah yang kotor merupkan sarang atau tempat makhluk tersebut berada. Maka jangan biarkan rumah terlihat kotor. Apalagi bila rumah tersebut jarang ditempati. Jadi jangan malas untuk membersihkan rumah ya.

Jangan biarkan ruangan menjadi lembap

Setelah bersih, kamar atau rumah mu jangan menjadi lembab, buatlah rumah tidak lembab dengan cara periksa saluran air, buat lubang udara, dan furniture-furnitur kayu.

Jangan biarkan ruangan menjadi gelap

Membuat ruangan tidak gelap adalah salah satu cara agar ruangan atau rumahmu tidak lembab loh. Berilah pencahayaan yang cukup bagi ruangan atau rumah, karena ruangan yang nyaris gelap bisa menyebabkan jamur-jamur pada dinding.

Periksa rumahmu agar cahayanya cukup, biarkan lampu kamar madi menyala saat malam, dan matikan pada siang hari.

Lakukan ritual keagamaan

Keberadaan makhluk halus sepertinya sangat berkaitan dengan akal serta keyakinan manusia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan ritual keagamaan di rumah. Misalnya, bagi yang beragama Islam, rajin-rajinlah mengaji.

Atau bagi yang beragama kristiani bisa berdoa malam meminta perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dari sisi metafisika pun, melakukan ritual keagamaan bisa menimbulkan energi positif dan mengurangi energi negatif.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Mengusir Makhluk Halus (Jin, Setan dan Sejenisnya) dari Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel